Kamis, 28 Mei 2015

Mari Mengenal Lebih Dalam Indosat Sebagai Perusahaan Yang Berjasa Sebagai Penyedia Telekomunikasi.

            
       Pada kesempatan ini saya akan mengulas tentang sebuah perusahaan yang berpengalaman lebih dari 47 tahun yang bergerak dibidang informasi dan komunikasi di Indonesia. Apa yang Anda pikirkan tentang indosat ? yes, Anda pasti sudah tau nama popular  perusahaan tersebut. Mari menyelam lebih dalam tentang seluk beluk perusahaan yang terkenal ini, berikut penjelesannya :


Sejarah perusahaan tersebut :


  • 1967 Indosat didirikan sebagai perusahaan penanaman modal asing pertama di Indonesia yang menyediakan layanan telekomunikasi internasional melalui satelit internasional.
  • 1980 Indosat berkembang menjadi perusahaan telekomunikasi internasional pertama yang dibeli dan dimiliki 100% oleh Pemerintah Indonesia.
  • 1994 Menjadi perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan New York Stock Exchange. Pemerintah Indonesia dan publik masing-masing memiliki 65% saham dan 35% saham.
  • 2001 Mengambil alih saham mayoritas Satelindo, operator selular dan SLI di Indonesia. Mendirikan PT Indosat Multimedia Mobile (IM3) sebagai pelopor jaringan GPRS dan layanan multimedia di Indonesia.
  • 2002 Pemerintah Indonesia menjual 8,10% saham di Indosat kepada publik dan selanjutnya menjual 41,94% kepada Singapore Technologies Telemedia Pte. Ltd. (STT). Selanjutnya pemerintah Indonesia memiliki 15% saham, STT memiliki 41,94% saham dan publik memiliki 43,06% saham Indosat.
  • 2003 Bergabung dengan ketiga anak perusahaan yaitu, Satelindo, IM3, dan Bimagraha, untuk menjadi operator selular terkemuka di Indonesia.
  • 2006 Meraih lisensi jaringan 3G dan memperkenalkan layanan 3,5G di Jakarta dan Surabaya.
  • 2008 Saham Indosat secara tidak langsung diakuisisi oleh Qatar Telecom (Qtel) Q.S.C. (Qtel) melalui Indonesia Communications Limited (ICLM) dan Indonesia Communication Pte. Ltd. (ICLS) sejumlah 40,81%. Pemerintah Indonesia dan publik memiliki sisa saham masing-masing 14,29% dan 44,90%.
  • 2009 Qtel membeli saham seri B sebanyak 24,19% dari publik sehingga menjadi pemegang saham mayoritas Indosat dengan kepemilikan sebesar 65%. Selanjutnya Indosat dimiliki oleh Qatar Telecom (Qtel) Q.S.C. (Qtel) atas nama Ooredoo Asia Pte. Ltd. (dahulu Qtel Asia Pte. Ltd. (65%), pemerintah Indonesia (14,29%) dan publik (20,71%). Indosat memperoleh lisensi tambahan frekuensi 3G dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan anak perusahaan, IM2, memenangkan tender untuk lisensi WiMAX yang diadakan pemerintah.
  • 2010 Memulai transformasi menyeluruh untuk menjadi perusahaan yang lebih fokus dan efisien melalui restrukturisasi organisasi, modernisasi dan ekspansi jaringan selular, dan inisiatif-inisiatif mencapai keunggulan operasional.
  • 2012 Momentum untuk maju sebagai organisasi berfokus pada pelanggan yang mencapai 58,5 juta pelanggan didukung oleh peningkatan jaringan serta innovasi produk yang berkelanjutan.
  • 2013 Komersialisasi jaringan 3G Indosat di frekuensi 900MHz

Visi, Misi & Nilai

Untuk menjadi pilihan yang lebih disukai pelanggan untuk semua kebutuhan informasi dan komunikasi.
Misi
• Menyediakan dan mengembangkan inovatif dan produk berkualitas tinggi, layanan dan solusi yang menawarkan nilai terbaik kepada pelanggan kami.
• Untuk terus meningkatkan nilai pemegang saham.
• Untuk memberikan kualitas hidup yang lebih baik bagi para pemangku kepentingan.

NILAI

KEPERCAYAAN  // Berpikir positif, Bicara dan Dapat diandalkan.
PERAWATAN  // Menunjukkan kepedulian, rasa hormat dan melayani seluruh hati.
PASSION MENJADI YANG TERBAIK  // Berjuang untuk keunggulan melalui perbaikan terus-menerus dan perbaikan.
CEPAT  // Cepat dalam pemecahan masalah, membuat keputusan, mengambil tindakan dan beradaptasi. semangat muda
BERJIWA MUDA  // Energik, Dinamis dan Berani untuk mengganti driver.

Struktur Organisasi dan Departmenlisasi


Dewan komisaris

  • Dr. Nasser Mohammed Marafih
  • Mr. Khalid Ibrahim A. Al Mahmoud
  • Chris Kanter
  • Mr. Astera Primanto Bhakti
  • Beny Roelyawan
  • Cynthia Alison Gordon
  • Richard Farnsworth Seney
  • Mr. Rinaldi Firmansyah,
  • Mr. Wijayanto Samirin


Dewan Komisaris melaksanakan kegiatan utama berikut sepanjang tahun buku 2011 berdasarkan tugas pengawasan dan pemberian nasehat, peraturan perundang-undangan yang berlaku, Anggaran Dasar Perusahaan dan keputusan RUPS:
  1. Menelaah dan menyetujui Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan Perusahaan untuk tahun 2011 yang diusulkan oleh Direksi.
  2. Mengawasi dan memberi masukan terhadap kinerja Direksi dalam melaksanakan Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan 2011 yang telah disetujui.
  3. Menelaah dan menyetujui Rencana Kerja Tahunan Perusahaan dan Anggaran untuk 2011 yang diusulkan oleh Direksi.
  4. Menelaah dan menyetujui rencana pembiayaan utang oleh Perusahaan.
  5. Menelaah dan menyetujui remunerasi Direksi untuk tahun 2011 berdasarkan rekomendasi Komite Remunerasi;
  6. Memberikan rekomendasi kepada RUPS dalam hal penunjukan akuntan publik yang akan mengevaluasi kondisi keuangan Perusahaan untuk pelaporan kepada pemegang saham Perusahaan; dan
  7. Menelaah dan menyetujui laporan keuangan, Laporan Tahunan dan 20-F untuk disampaikan kepada pejabat pasar modal yang relevan berdasarkan rekomendasi Komite Audit.


Struktur Organisasi PT.Indosat, Tbk dipimpin oleh Alexander Rusli sebagai President Director & Chief Executive Officer,beliau juga membawahi 8 Direktur lainnya
Curt Stefan Carlsson - Direktur & Chief Financial Officer
Joy Wahjudi - Direktur & Chief Sales and Distribution Officer
John Martin Thompson - Direktur & Chief Technology Officer
Indar Atmanto - Chief Corporate Services Officer
Prashant Gokarn - Chief Strategy & Planning Officer
Ripy Mangkoesoebroto - Chief Human Resources Officer
Loong Tuck Weng - Chief Marketing Officer
Herfini Haryono - Chief Information Officer

Berikut Tugas Peran Masing Masing Dewan Direksi 

1.      President Director & Chief Executive Officer
Menetapkan sasaran utama Perusahaan melalui strategi korporasi jangka pendek dan jangka panjang. Mengelola segala aspek Perusahaan untuk memastikan operasional yang efektif dan menguntungkan, yang pada akhirnya memungkinkan terjadinya pertumbuhan berkelanjutan untuk mencapai hasil maksimum dari modal yang diinvestasikan. Memimpin perubahan mode operasional dan mengelola lingkungan internal dan eksternal.

2.      Director & Chief Financial Officer
Mengembangkan dan mengimplementasikan strategi keuangan Indosat, mencakup fungsi-fungsi pengendalian, treasury, akuntansi dan pendapatan usaha. Memberikan saran pada unit usaha dan fungsi-fungsi korporasi mengenai rencana keuangan dan model ekonomi mereka. Mengawasi seluruh tanggung jawab fiscal dan fiduciary Perusahaan, bekerja sama dengan Direksi dan komitekomite yang relevan. Bertindak sebagai “Kustodian Nilai Pemegang Saham”

3.      Director & Chief Technology Officer
            Memastikan dukungan teknologi bagi fungsi-fungsi operasional, memungkinkan peluncuran produk pada waktu yang tepat; juga memastikan operasional harian aset-aset teknologi secara efektif dan efisien. Membangun jaringan untuk mendukung pertumbuhan usaha dan mengoperasikan jaringan yang kompetitif dan berkualitas tinggi di dalam anggaran belanja operasiona dan belanja modal yang disepakati.
Memastikan dukungan IT bagi fungsi-fungsi operasional, memungkin produk memasuki pasar dengan cepat dan pendapatan usaha diakui secara efektif. Memastikan dukungan IT bagi keseluruhan Perusahaan untuk memungkinkan kegiatan usaha harian yang efisien dan efektif.

4.      Director & Chief Wholesale and Infrastructure Officer
Mengembangkan dan mengimplementasikan strategi infrastruktur dan wholesale. Mengevaluasi dan mengkaji pilihan-pilihan untuk membuang dan membangun bisnis baru. Mengembangkan dan mengelola relasi dengan pelaksana.
Menelaah dan memperbaharui strategi Solusi Korporasi Indosat. Mempersiapkan dan memimpin penerapan organisasi SBU dan model operasional Solusi Korporasi. Mendorong pertumbuhan penjualan di segmen korporasi nasional.

5.      Director & Chief information officer
jabatan umum diberikan kepada orang di suatu perusahaan bertanggung jawab untuk teknologi informasi dan sistem komputer yang mendukung tujuan perusahaan .
Peran CIO juga kadang-kadang digunakan secara bergantian dengan Chief Technology Officer (CTO) peran, meskipun mereka mungkin sedikit berbeda. Ketika kedua posisi yang hadir dalam sebuah organisasi, CIO umum bertanggung jawab untuk proses dan praktik yang mendukung arus informasi, sedangkan CTO umum bertanggung jawab untuk infrastruktur teknologi.


6.      Chief Corporate Services Officer
Merencana, mengarahkan, dan mengkoordinasikan kegiatan manajemen sumber daya manusia, mengelola properti, manajemen fasilitas, mengelola grup hukum, sekretaris perusahaan dan memastikan proses transformasi berjalan dengan baik.

7.      Chief Strategy & Planning Officer
Memberi sarankan kepada Presiden Direktur & CEO dalam mengembangkan tujuan strategis untuk penciptaan nilai, pengembangan daya saing perusahaan, mengawasi perkembangan bisnis serta kegiatan perencanaan perusahaan. Pada RUPST tanggal 24 Juni 2011, pemegang saham membebas-tugaskan Mr. Peter Wladyslaw Kuncewicz terhitung sejak tanggal 31 Agustus 2011 dan menunjuk Mr. Curt Stefan Carlsson sebagai Direktur terhitung sejak tanggal 1 September 2011.

8.        Chief Human Resources Officer
Bertanggung jawab di dalam pengelolaan dan pengembangan Sumber Daya Manusia, yaitu dalam hal perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan kegiatan sumber daya manusia, termasuk pengembangan kualitasnya dengan berpedoman pada kebijaksanaan dan prosedur yang berlaku di perusahaan.
Bertanggung jawab terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan-kegiatan pembinaan government & industrial serta mempunyai kewajiban memelihara dan menjaga citra perusahaan.

9.         Chief Marketing Officer
Chief Marketing Officer (CMO) adalah sebuah kepangkatan dalam perusahaan yang mengacu pada seorang eksekutif yang bertanggung jawab untuk berbagai kegiatan pemasaran. Dengan tanggung jawab utama yang sangat besar untuk bidang-bidang seperti manajemen penjualan, pengembangan produk, manajemen saluran distribusi, komunikasi pemasaran (termasuk iklan dan promosi), harga, riset pasar, dan layanan pelanggan, CMO dihadapkan dengan beragam disiplin ilmu khusus di mana seorang CMO dituntut memiliki pengetahuan teknis dan manajerial yang sangat tinggi. Tantangan bagi seorang CMO memiliki rentang ragam yang sangat lebar, dari fungsi-fungsi yang sangat analitis (misalnya - harga dan riset pasar) sampai dengan fungsi-fungsi yang sangat kreatif (iklan dan promosi). Ragam bawahan(dan segala macam fungsinya) tersebut menuntut seorang CMO untuk mudah beradaptasi terhadap lingkungan kelolaan dan gaya kepemimpinannya sendiri.

Dapat dilihat pada struktur yang ada perusahaan ini merupakan perusahaan yang depertementalisasi karena disini perusahaan cabang dikelompokkan sesuai dengan fungsinya terlihat dari gambar strukturnya.
            PT Indosat saya dapat simpulkan adalah memiliki Desain Organisasi Orgranik karena di perusahaan ini karyawan adalah asset yang paling berharga dan proses komunikasi yang ada adalah sangat lancar serta ketegasan yang menyeluruh dan tidak pandang bulu jika ada karyawan yang terlibat suap atau memberitakan yang tidak benar maka akan diberhentikan dan info pengumuman terbaru  dapat diakses ke seluruh perusahaan.


Refereensi :








Tidak ada komentar:

Posting Komentar